GALERI FOTO P5 PROVINSI PAPUA KELAS X-9

 

Provinsi Papua adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian timur Indonesia. Budaya di Papua sangat kaya dan beragam, terutama budaya asli Papua yang memiliki kekayaan seni dan budaya yang luar biasa.

Rumah adat tradisional di Papua dikenal dengan nama honai, sebuah rumah berbentuk kubah yang terbuat dari jerami dan kayu. Rumah ini biasanya dihuni oleh beberapa keluarga yang terkait satu sama lain.

Salah satu unsur budaya penting di Papua adalah baju adat. Baju adat Papua terbuat dari kulit kayu, kulit binatang, dan kain tradisional. Pakaian tradisional pria Papua terdiri dari celana kulit pendek dan kain yang diikat di pinggang, sedangkan pakaian tradisional wanita terdiri dari kain berwarna cerah dan biasanya dikenakan dengan hiasan kepala.







Senjata tradisional di Papua juga merupakan bagian penting dari budaya Papua. Senjata tradisional ini biasanya terbuat dari kayu, tulang, atau tanduk binatang, seperti parang, busur dan anak panah, dan tombak.








Yamko Rambe Yamko adalah lagu daerah dari Papua. Lagu ini bercerita tentang keindahan alam Papua dan keberanian orang Papua yang berjuang untuk mempertahankan kebudayaan mereka. Lagu ini sering kali dinyanyikan pada acara-acara adat dan budaya di Papua, dan menjadi simbol kebanggaan dan semangat bagi masyarakat Papua. Selain itu ada lagu yang Apuse. Apuse adalah sebuah lagu yang berasal dari daerah Kampung Kabouw, Wondiboy, Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat. Lagu "Apuse" diciptakan oleh Tete Mandosir Sarumi dalam bahasa Biak dan dipopulerkan oleh Corry Rumiono, serta dinyanyikan dalam lomba Bintang Radio. Lagu Apuse kemudian dikenal di tingkat nasional. Lagu ini memiliki irama yang indah dan sederhana sehingga lagu ini sering dipelajari dalam pelajaran kesenian di tingkat Sekolah Dasar. Apuse menceritakan tentang seorang cucu yang berpamitan kepada kakek dan neneknya. Cucu tersebut berpamitan karena hendak pergi merantau yaitu ke Teluk Doreri di Manokwari. Memang Teluk Doreri sempat menjadi pelabuhan penting dengan bukti banyaknya kapal yang karam di dalamnya. Teluk Doreri adalah pintu masuk menuju Manokwari melalui jalur laut. Dalam sejarahnya, teluk ini berperan penting dalam penyebaran agama Kristen di tanah Papua. Saat ini Teluk Doreri menjadi salah satu pelabuhan untuk kapal domestik, nasional, dan antarpulau di Papua.

Tidak ada komentar untuk "GALERI FOTO P5 PROVINSI PAPUA KELAS X-9"